Tugas dan Fungsi

-

TUGAS, FUNGSI DAN STRUKTUR ORGANISASI SKPD

Adapun kedudukan, tugas pokok dan fungsi organisasi Dinas Penanaman Modal, Koperasi UKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Mempawah Nomor 44 Tahun 2016 Tanggal 23 November


Tugas

Dinas Penanaman Modal, Koperasi UKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah yang melaksanakan tugas pembantu di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan tugas-tugas lainnya yang diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Fungsi

  1. Dinas Penanaman Modal Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah sebagaimana dimaksud mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan secara Terpadu dengan prinsip Koordinasi, intergrasi, sinkronisasi, simflikasi dan keamanan.
  2. Dalam melaksanankan tugas Dinas Penanaman Modal Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah menyelenggarakan fungsi:
    1. Perumusan kebijiakan teknis dibidang Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan.
    2. Penyusunan Program Dinas Penanaman Modal Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah.
    3. Pelaksanaan koordinasi di bidang penanaman modal dan proses pelayanan perizinan.
    4. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang penanaman modal.
    5. Penyelenggaraan Perizinan.
    6. Pelaksanaan administrasi di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan.
    7. Pembinaan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tagus dibidang penanaman modal dan pelaksanaan perizinan.
    8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Dinas Penanaman Modal Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah terdiri dari:

Dua Sub Bagian

Tiga Bidang

Enam Seksi

Dua Seksi setiap Bidang

Sub Bagian Umum dan Aparatur

  1. Penyusunan program kerja Sub Bagian Umum dan Aparatur.
  2. Pelaksanaan Pengelolaan tata usaha kepegawaian, organisasi dan ketatalaksanaan.
  3. Pelaksaan Pengelolaan urusan umum, kearsipan dan kehumasan serta keprotokolan.
  4. Pelaksaan Pengelolaan perlengkapan dan rumah tangga dinas.
  5. Penyusunan bahan evaluasi, pengendalian dan pelaporan di bidang umum dan aparatur.
  6. Pemberian saran dan pertimbangan kepada sekretaris berkenaan dengan tugas pokok dang fungsi dibidang umum dan aparatur.
  7. Pelaksanaan tugas lain yang dibidang kesekretariatan yang diberikan oleh Sekretaris.

Sub Bagian Perencanaan & Keuangan

  1. Penyusunan program kerja Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan.
  2. Penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan laporan akuntabilitas Dinas.
  3. Penyiapan dan pengelolaan bahan penyusunan rencana anggaran.
  4. Pelaksanaan Penatusahaan keuangan Dinas.
  5. Penyiapan bahan pertanggungjawaban dan laporan keuangan.
  6. Penyusunan bahan evaluasi, pengendalian dan pelaporan di bidang perencanaan dan keuangan.
  7. Pelaksaan tugas lain dibidang kesekretariatan yang diberikan oleh Sekretaris.

Bidang Penanaman Modal

  1. Penyusunan program kerja Bidang Penanaman Modal.
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan teknis di Bidang Penanaman Modal.
  3. Penyiapan bahan koordinasi, fasilitasi dan pembinaan di Bidang Penanaman Modal.
  4. Pengelolaan dan pelayanan umum di Bidang Penanaman Modal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Penyusunan bahan evaluasi, pengendalian dan pelaporan di Bidang Penanaman Modal.
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Seksi Kerjasama dan Promosi Bidang Penanaman Modal

Seksi Usaha Kecil Menengah

Bidang Koperasi & Usaha Kecil Menengah

  1. Penyusuan Program Kerja Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
  3. Penyiapan bahan koordinasi, fasilitasi dan pembinaan Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
  4. Pelaksanaan pelayanan umum di Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
  5. Pengembangan usaha dan kelembagaan Koperasi dan UMKM.
  6. Pelaksanaan promosi UMKM.
  7. Pelaksanaan pengelolaan modal UMKM.
  8. Penyusunan bahan evaluasi, pengendalian dan pelaporan Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas.

Seksi Koperasi

Seksi Usaha Kecil Menengah

Bidang Perizinan dan Non Perizinan

  1. Penyusunan program kerja Bidang Pelayanan dan Non Perizinan.
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di Bidang Pelayanan dan Non Perizinan.
  3. Penyiapan bahan koordinasi, fasilitasi dan pembinaan di Bidang Pelayanan dan Non Perizinan.
  4. Pelaksanaan pelayanan pemberian pertimbangan penerbitan perizinan.
  5. Pemantauan pelaksanaan pelayan perizinan.
  6. Penyusunan bahan evaluasi, pengendalian dan pelaporan di Bidang Pelayanan dan Non Perizinan.
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Seksi Pendaftaran dan Pembekasan

Seksi Penetapan dan Pengaduan