no picture
Koperasi
2019-05-20 05:29:42
Rapat

Mempawah - Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal Koperasi UKM dan PTSP Kab. Mempawah Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalbar menyelenggararakan  Rapat Koordinasi KUR dan UMi se-Kab. Mempawah  dengan Seluruh Bank Mempawah, lembaga penyalur KUR, dan UMi,  Kepala Dinas PMKUKMPTSP ,Kepala OPD yang membina UMKM dan Pelaku UMKM kab. Mempawah .

Rakor dibuka secara resmi oleh Plt. Asisten II Rochmat Effendi,MM mewakili Bupati Mempawah  juga dihadiri oleh Bambang Sri Prastyono mewakili  Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar .

Dalam sambutannya, Bambang Sri Prastyono  menekankan bahwa tujuan penyaluran KUR adalah untuk membangun Usaha Mikro, Kecil melaui penyalur permodalan, menciptakan lapangan kerja, dan menanggulangi kemiskinan.

UMi merupakan pinjaman yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (PNM, Pegadaian, dan BMT) untuk pelaku usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program KUR.

Pada rapat itu, diungkapkan pula bahwa pada tahun 2017  nasabah KUR Mempawah mencapai  3.872 dengan nilai 69,14 miliar dan tahun 2018 seban dan tahun 2018 mencapai  758. Kondisi ini merupakan suatu pencapaian yang sangat baik  bila dinbandingkan dengan Kabupaten lain di wilayah Kalbar.

Bupati Mempawah dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt. Asisten II Rochmat Effendi,MM mengatakan perlunya pemberdayaan UMKM melalui bantuan permodalan, dimana jumlahnya mencapai 105 pelaku usaha kecil dan 2.835 pengusaha Mikro.

Diharapkan perkembangan UMKM dapat meningkatkan perekonomian serta mengurangi tingkat pengangguran,” ujarnya. Diingatkan juga perlunya pembinaan tentang manajemen serta pemasaran hasil produksi.

Bambang Sri Prastyono juga menyampaikan bahwa Kanwil DJPb siap bersinergi dengan setiap Pemerintah Daerah Kalbar, Perbankan dan Lembaga Keuangan penyalur KUR dan UMi.

Penyalur diharapkan dapat merelaksasi persyaratan penyaluran KUR dan UMi pada pelaku UMKM dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian / Prudent.

Dalam sesi Tanya jawab, pelaku UMKM mempertanyakan persyaratan termasuk jaminan untuk memperoleh KUR dan UMi. Salah satu pertanyaan adalah, bolehkah PNS memperoleh fasilitas KUR ? Dari beberapa perbankan menyatakan tidak diperbolehkan.

Pada akhir kegiatan Pihak Kanwil DJPb Kalbar manyampaikan terima kasih kepada para peserta dan berharap para penyalur KUR dan UMi memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelaku UMKM Serta para pemangku kepentingan bersinergi dalam penyaluran KUR dan UMi demi memajukan UMKM di Kabupaten Mempawah  (*)

Penulis: Masmudi 

Tags

Alamat Kantor

Telephone:(0561) 669-3068
Email: dpmkukmptsp@gmail.com
Website: dpmkukmptsp.mempawahkab.go.id

Jl. Daeng Menambon
Mempawah,
78912