no picture
ADMIN
2019-07-12 08:03:00
KPK

MEMPAWAH – untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak, Tim Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Barat melakukan monitoring pelaksanaan konfirmasi status wajib pajak (KSWP) ke Dinas Penanaman Modal, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMKUKMPTSP) Kabupaten Mempawah, Kamis (11/7).


KSWP merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk memperoleh keterangan status wajib pajak. KSWP merupakan tindak lanjut atas Instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi pencegahan dan Pemberantasan Korupsi tahun 2016 dan 2017.


Tim kanwil DJP Kalbar ditemui Kepala Dinas DPMKUKMPTSP Kabupaten Mempawah Nurmala, S.H.,M.Si diruang kerjanya. Nurmala mengatakan Kabupaten Mempawah telah melaksanakan KSWP sejak tahun 2016. “Kabupaten Mempawah telah melaksanakan KSWP sejak diterapkannya ketentuan KSWP. Ketentuan untuk melaksanakan KSWP tahun 2016”, kata Nurmala. “sat KSWP Kabupaten Mempawah dievaluasi KPK, kami diberi apresiasi karenan KSWP Kabupaten Mempawah paling aktif” tanbah Nurmala. Nurmala berharap dengan KSWP, wajib pajak menjadi aware tentang pajak.


Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Kalimantan Barat Vadri Usman mengucapkan terima kasih kepada Nurmala atas capaian KSWP Kabupaten Mempawah “semoga Kabupaten yang belum melaksanakan KSWP segera mengikuti Kabupaten Mempawah dan segera melaksanakan KSWP” ujar Vadri.


Selain monitoring KSWP, kunjungan kanwil DJP Kalimantan Barat ini juga dimaksudkan untuk koordinasi perjanjian kerjasama terkait KSWP yang akan dilakukan antara Kabupaten dan Kanwil DJP Kalimantan Barat.


Dengan adanya perjanjian kerjasama diharapkan kanwill DJP Kalimantan Barat dan Kabupaten Mempawah dapat lebih memanfaatkan KSWP untuk meningkatkan penerimaan pajak pusat maupun PAD Kabupaten Mempawah. Diakhir kunjungan ke DPMKUKMPTSP, vadri besrta tim melaksanakan monitoring pelaksanaan KSWP ditempat pelayanan DPMKUKMPTSP. Adriansyah, Pelaksana KSWP DPMKUKMPTSP Kabupaten Mempawah mengatakan Aplikasi KSWP dapat dioperasikan dengan mudah tidak ada hambatan. “data yang tersedia dari Direktorat Jenderal Pajak Real time” Katanya.


Tags

Alamat Kantor

Telephone:(0561) 669-3068
Email: dpmkukmptsp@gmail.com
Website: dpmkukmptsp.mempawahkab.go.id

Jl. Daeng Menambon
Mempawah,
78912